MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

1.Manusia dan tanggung  jawab

Pengertian yang kita peroleh sehari-hari untuk kata pertanggungjawaban, dari kata tanggung jawab “ yaitu beban psikis (kejiwaan) yang melandasi pelaksanaan kewajiban (atau dalam melakukan kewajiban) dari tugas tertentu.

Kesanggupan  seseorang  terhadap suatu tugas wajib atau kemudian di sebut kewajiban, akan berakibat suatu  celaan atau menerima akibat tertentu jika tidak dilaksanakan. Apabila meninggalkan tugas wajib dapat di artikan melupakan kewajiban atau tak bertanggung jawab. Sebagai contoh misalnya, seorang yang sudah sanggup menerima tugas mengajar sebuah mata pelajaran di suatu kelas, maka untuk itu ia akan menerima  imbalannya. Kalau ia tidak melaksanakan tugas tadi, maka tanggung  jawab moralnya di anggap rendah atau bahkan di sebut tidak punya  tanggung jawab moral. Jadi dengan adanya kewajiban itu ia memiliki tanggung jawab karena ia melakukan tugas wajib, sehingga pernyataan bahwa: ia tidak mempunyai kewajiban berbeda dengan ia tidak punya tnggung jawab.sebab ada orang yang punya tugas wajib tetapi dapat pula dilakukan tanpa tanggung jawab.

Biasanya dapat kita ketahui lahirnya kewajiban-kewajiban ini adalah karena adanya hubungan hidup manusia antara :

  1. Manusia dengan manusia lain, dan
  2. Manusia dengan Tuhannya

Tanggung jawab yang diterima seseorang karena ia menerima kewajiban-kewajiban untuk mengabdikan kepada manusia/orang selain dirinya :

  1. Terhadap ibu-bapak, teman-teman kelompoknya atau terhadap istri dan anak-anaknya
  2. Terhadap negara yang di pimpin oleh para pemegang tampuk kepemimpinan negaranya.

Dan tanggung jawab yang di peroleh karena sebagi makhluk Tuhan, ia menerima perintah untuk melaksanakan tugas kewajiban menyembah atau berbakti kepada Allah.

Di samping kewajiban sosial kemasyarakatan , keluarga dan ke Tuhanan ada pula kewajiban yang datangnya dari dalam dirinya sendiri. Ini biasanya dikaitkan dengan nilai-nilai yang diterima dan di integrasikan dalam dirinya, kemudian dijadikan harapan-harapan untuk dicapainya.

Telah kita ketahui bersama bahwa kebutuhan hidup manusia meliputi :

  1. Kebutuhan jasman
  2. Kebutuhan hidupnkejiwaan dan rohani, serta
  3. Kebutuhan hidup berteman atau sosial kemasyarakatan

Tanggung jawab terhadap keluarga (bagi mereka yang sudah brkeluarga) berarti ia harus menjalankan tugas kewajiban dalam menghidupi keluarganya : istri dan anak-anaknya meliputi kejasmanian, hidup kejiwaan dan kerohanian seperti :

a.Mencari nafkah jasmani, yaitu makanan, minum, pakaian

b. Nafkah batin bagi istri

c. Mencarikan pengaetahuan atau pendidikan

2. Makana Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

Anda seorang mahasiswa, kewajiban anda adalah belajar. Bila anda belajar maka hal itu berarti anda telah  memenuhi kewajiban anda. Berarti pula anda telah bertanggung jawab atas kewajiban anda. Sudah tentu, bagaimana kegiatan belajar anda, itulah kadar pertanggungjawaban anda.bila pada ujian anda mendapat nilai C, atau B maka nilai C atau B itulah kadar pertanggungjawaban anda.

Macam-macam tanggung jawab

Menurut sifat dasarnya manusia adalah mahluk bermoral, tetapi manusia juga seorang pribadi. Karena merupakan seorang pribadi maka manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri, dengan itu manusia berbuat atau bertindak. Dalam hal ini manusia tak luput dari kesalahan, kekeliruan, baik yang di sengaja ataupun tidak. Oleh karena itu, dalam hal ini manusia harus bertanggung jawab atas dirinya pribadi.

Contoh : Arya membaca sambil berjalan. Meskipun sebentar-sebentar ia melihat jalan, tetapi juga ia lengah dan terperosok ke sebuah lobang. Kakinya terkilir, ia menyesali dirinya sendiri akan kejadian itu. Ia harus beristirahat beberapa hari ini di rumah. Konsekuensi tinggal di rumah beberapa hari merupakan tanggung jawab sendiri akan kelengahannya.

a.Tanggung jawab kepada keluarga

Masyarakat kecil ialah keluarga. Keluarga adalah suami, istri, ayah, ibu dan anak-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan , keselamatan, pendidikan dan kehidupan.

b.Tanggung jawab kepada masyarakat

Suatu kenyataan pula, bahwa manusia adalah mahluk sosial. Manusia merupakan anggota masyarakat. Karena itu, dalam berpikir, bertingkah laku, berbicara, dan sebagainya manusia terikat oleh masyarakat. Wajarlah apabila segala tingkah laku dan perbuatannya harus di pertanggungjawabkan kepada masyarakat.

c.Tanggung jawab kepada bangsa/negara

Suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran yang di buat oleh negara. Manusia tidak dapat  berbuat semau sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara.

D. Tanggung jawab kepada Tuhan

Manusia itu ada tidak dengan sendirinya, tetapi merupakan makluk ciptaan tuhan. Sebagai ciptaan Tuhan, manusia dapat mengembangkan diri sendiri dengan sarana-sarana pada dirinya yaitu pikiran, perasaan, seluruh anggota tubuhnya, dan alam sekitarnya.

Dalam kehidupan sehari-hari manusia bersembahyang sesuai dengan perintah Tuhan. Apabila tidak maka manusia itu harus mempertanggungjawabkan kelalaiannya itu di akhirat kelak.

Dapat di simpulkan bahwa:

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang sengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab  juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Manusia ada bukan dengan sendirinya, tetapi merupakan ciptaan Tuhan. Karena itu manusia berkewajiban terhadap tuhan. Kelalaian akan kewajiban terhadap Tuhan, harus di pertanggungjawabkan kepada Tuhan.

Sumber :

Drs. Joko Tri Prasetya, dkk

Ilmu Budaya Dasar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s