PENGELOLAAN PRODUK DAN PENGEMBANGAN PRODUK BARU

Produk adalah segala sesuatu (meliputi obyek fisik, jasa, tempat, organisasi, gagasan, ataupun pribadi) yang dapat atau mampu di tawarkan prudusen untuk di minta, dicari, dibeli, di gunakan atau di konsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan dan keinginannya.

 

 

A. ARTI PRODUK BAGI KONSUMEN

Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan . Segala sesuatu yang termasuk ke dalamnya adalah barang berwujud, jasa, events, tempat, organisasi, ide atau pun kombinasi antara hal-hal yang baru saja disebutkan. Siswanto Sutojo mengemukakan bahwa (2005:78)ada beberapa faktor penting yang wajib diperhatikan perusahaan dalam menyusun strategi produk mereka.
Faktor pertama adalah strategi pemilihan segmen pasar yang pernah mereka tentukan sebelumnya. Adapun faktor kedua adalah pengertian tentng hakekat produk di mata pembeli. Faktor ketiga adalah strategi produk pada tingkat kombinasi produk secara individual, pada tingkat seri produk dan pada tingkat kombinasi produk secara keseluruhan. Adapun faktor keempat adalah titik berat strategi pemasaran pada tiap tahap siklus kehidupan produk.

 

PENGERTIAN PRODUK BARU

produk baru merupakan barang dan jasa yang pada dasarnya berbeda dari yang telah dipasarkan sebelumnya oleh perusahaan. Pengembangan produk baru (new product development) adalah proses pencarian gagasan untuk barang dan jasa baru dan mengkonversikannya ke dalam tambahan lini produk  yang berhasil secara komersial.

 

MENGAPA PENGEMBANGAN PRODUK BARU?

Pengembangan Produk Baru

Pengembangan produk baru atau menciptakan produk baru merupakan tugas yang sering terlupakan. Pada saat salah satu ataupun beberapa produk yang sedang dipasarkan itu berada pada tahap “kedewasaan” , maka pengusaha haruslah mulai memanfaatkan keuntungan yan g diperolehnya dari produk yang berada pada tahap tersebut untuk mengembangkan ide penciptaan produk baru. Produk baru inilah yang diharapkan nantinya dapat menggantikan produk lama yang sedang jaya tersebut.

 

Penciptaan produk baru ini meliputi 3 hal

– produk yang sama sekali baru

– perubahan desain (redesaign) dan

– pembungkusan (packaging)

Strategi pengembangan produk baru dalam hal ini ada dua cara yang dapat ditempuh

  1. membeli suatu perusahaan atau suatu hak paten ataupun lisensi
  2. mengembangan produk baru

Dalam hal ini akan kita pusatkan pada cara kedua yaitu mengambangkan produk baru. Produk baru dapat diartikan sebagai berikut :

– produk asli yaitu betul-betul produk baru

– produk yang disempurnakan

– produk yang dimodifikasi

– produk dengan merk baru

Strategi pemasaran produk konsumen  dan produk industrial
Lima konsep dasar pengembangan strategi pemasaran
1.      Segmentasi pasar
Adapun syarat segmentasi pasar yang efektif :
–          Dapat Diukur ( measurability)
–          Dapat dimasuki ( accessibility)
–          Cukup besar ( substanstiality)
–          Dapat dibedakan ( differentiability)
–          Dapat ditindak-lanjuti ( actionability )
2.      Postioning Pasar
Memilih pola konsentrasi pasar khusus, yang member peluang maksimum untuk mencapai tujuan
–          Strategi concentratet Marketing
posisi kuat pada satu segmen
–          Strategi Differentiated Marketing
Posisi kuat pada beberapa segmen
3.      Strategi Memasuki Pasar
Metode menjangkau segmen pasar sasaran
–          Membeli Perusahaan lain yang sudah jalan
–          Berkembang sendiri
–          Kerjasama dengan perusahaan lain
4.      Strategi penentuan waktu
Penentuan waktu yang tepat ( timing) untuk melaksanakan program pemasarannya sangat penting bagi perusahaan,tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.
5.      Strategi bauran pemasar
Bagaimana menetapkan bentuk penawaran pada segmen tertentu mencakup :
–          Kebijakan Produk
–          Kebijakan harga
–          Kebijakan distribusi
–          Kebijakan promosi 
Pengertian Produk baru

Produk baru ( New Product) adalah produk yang benar-benar baru lagi bagi perusahaan yang bersangkutan. Suatu produk dapat menjadi “ baru “ dengan banyak cara .
Gagasan baru dapat diubah menjadi produk baru dan memulai daur hidup  produk yang baru.
Pengendalian Pengembangan Produk

Dalam pengendalian produk perlu nya manajemen produk yang apabila suatu perusahaan  hanya memiliki beberapa produk yang berkaitan , setiap orang tertarik dengan semua produk itu . Manajer produk atau manajer merek  yaitu mengelola produk spesifik yang seringkali mengambil ahli pekerjaan yang sebelumnya ditangani oleh manajer periklanan.Ini menun jukkan isyarat bagi  hal-hal yang sering merupakan tanggung jawab utama mereka terutapa padda promosi karena produk itu telah dikembangkan oleh orang-orang “ produk baru “.
Sumber :
Progdeny’s weblog
 Management study case’s blog
Buku dasar-dasar pemasaran Edisi kelima  McCarthy and Perreanult,JR
gambar :
Gambar bgratis.com

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s