Tugas Perilaku Konsumen

Perilaku Konsumen menurut 4 Tokoh

a.Menurut Mowen (2002) bahwa, “perilaku konsumen (consumer behaviour)

didefinisikan sebagai studi tentang unit pembelian (buying units) dan proses

pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi dan pembuangan barang, jasa,

pengalaman serta ide-ide”.

 

b.Menurut Kotler (2007) bahwa, “perilaku konsumen merupakan

studi tentang cara individu, kelompok, dan organisasi menyeleksi, membeli,

menggunakan, dan memposisikan barang, jasa, gagasan, atau pengalaman untuk

memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka”.

 

c.Menurut David L. Loudon dan Albert J. Della Bitta (1984 : 6) mengemukakan bahwa :

“Consumer behavior may be defined as decision process and physical activity individuals engage in when evaluating, acquaring, using or disposing of good and services”.

Perilaku konsumen dapat didefinisikan sebagai proses pengambilan keputusan dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam proses mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau dapat mempergunakan barang-barang dan jasa.

 

d. Menurut James F. Engel, et.al (1968 : 8) berpendapat bahwa :

“Consumer behavior is defined as the acts of individuals directly involved in obtaining and using economic good services including the decision process that precede and determine these acts”.

Perilaku konsumen didefinisikan sebagai tindakan-tindakan individu yang secara langsung terlibat dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomis termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut.

 

2. Yang dimaksud dengan :

A. Perilaku konsumen bersifat dinamis

Perilaku konsumen bersifat dinamis, ini karena setiap pemikiran, perasaan, dan tindakan dari setiap individu konsumen, kelompok konsumen, dan masyarakat secara keseluruhan selalu berubah

 

 

B. Perilaku konsumen melibatkan pertukaran

Perilaku konsumen melibatkan pertukaran: pertukaran ini terjadi sesama manusia. Seperti menukar uang milik pembeli dengan barang milik penjual.

 

C. Perilaku konsumen melibatkan interaksi

Perilaku konsumen melibatkan interaksi: kognisi, afeksi, perilaku dan kejadian di sekitar atau di lingkungan konsumen

 

3. Bidang2 studi apa saja yg terkait dengan perilaku konsumen?

– Sosiologi

-Antropologi

-Ekonomi

-Psikologi

-Politik

-Periklanan

-Manajemen

-Pemasaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s