CARA MUDAH BERMAIN GITAR BAGI PEMULA

CARA MUDAH BERMAIN GITAR BAGI PEMULA

 

Gitar adalah sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, sebenarnya gitar dibagi menjadi tiga jenis, yakni gitar Elektrik, Klasik dan gitar Akustik. Gitar akustik dan Klasik sendiri memiliki bagian badan yang berlubang (hollow body) sehingga kebanyakan orang-orang sekarang mengkategorikan kedua jenis gitar ini sama padahal Berbeda (nanti kita bahas di lain waktu), sedangkan untuk gitar elektrik sendiri memiliki badan padat (solid body). Memang ketiga jenis gitar ini memiliki kegunaan dan cara bermain yang sama namun disesuaikan dengan kebutuhan si pemakai atau yang sering disebut sebagai gitaris. Gitar umumnya digunakan untuk menemani iringan lagu dan musik. Untuk para musisi, gitar merupakan alat musik yang sebaiknya dikuasai sebab ketika mereka sedang membuat sebuah lagu tentu saja alunan gitar sangat diperlukan.

Tapi tidak hanya para musisi saja, banyak masyarakat biasa yang tertarik untuk menguasai atau bisa bermain alat musik ini. Selain itu bermain musik sejak dini juga dapat membantu meningkatkan kreativitas otak anak. Untuk dapat menguasai gitar tentu tidaklah mudah tapi juga tidak terlalu sulit, maka dari itu anda perlu mengetahui Cara Bermain Gitar yang baik dan benar. Jika kita melihat chord tanpa memiliki gitar tentu akan sangat sulit, sebab jika anda ingin bisa memahami permaianan gitar, ada baiknya jika anda memiliki gitar sendiri agar anda dapat berlatih sehari-hari agar menjadi lebih pintar bermain gitar.

Baik gitar klasik, akustik maupun elektrik, Anda harus memahami beberapa trik dasar bermainnya. Untuk dapat mengetahui informasi Cara Belajar Gitar anda tidak perlu khawatir, sebab kini sudah banyak cara belajar gitar untuk pemula tanpa harus les atau privat, namun secara otodidak dengan mengetahui informasinya di buku chord gitar atau melalui internet. Untuk anda yang seorang pemula, ada baiknya jika anda menyimak informasi yang akan markasmp3.com jelaskan mengenai Cara Belajar Main Gitar untuk pemula, sehingga anda mengetahui trik dan tips dasar jika ingin pandai bermain gitar, seperti berikut:

Mempunyai Gitar

Gitar

Jika anda ingin optimal dalam belajar main gitar, tentu hal pertama yang perlu anda persiapkan adalah memiliki gitar pribadi. Dengan memiliki gitar sendiri, anda bisa berlatih setiap hari di rumah tanpa harus pergi ke studio atau meminjamnya ke teman, sebab hal tersebut akan menghambat anda yang ingin menguasai gitar. Anda bisa membeli gitar dengan merk dan harga tertentu sesuai dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki. Untuk pemula ada baiknya anda memilih jenis gitar klasik atau akustik terlebih dahulu, selain harganya ramah dikatong gitar jenis ini juga bayak di temui da pasaran.

Belajar dasar chord gitar

chord gitar

Pada tahap permulaan, yang paling saya sarankan adalah untuk mengetahui beberapa dasar chord atau kunci gitar yang sering digunakan. Contohnya: C, F, G, Am, Em, Dm. Usahakan untuk bisa menghapal satu chord per-hari dari ke 6 chord tersebut. Jadi fokuskan untuk latihan penempatan jari di fretboard gitar dan menghapal posisi nada dari setiap chord tersebut. Kebanyakan orang biasanya bisa hapal 2 atau 3 kunci perhari, tapi kalau masih baru memulai jangan terlalu memaksakan diri. Lebih baik santai tapi pasti. Karena untuk belajar gitar, kita butuh penyesuaian. Termasuk tubuh dan jari jari tangan kita. Apalagi kalau masih baru mulai biasanya jari kita masih kaku dan tidak terbiasa. Lebih baik fokus pada 1 kunci perhari, hapalkan, dan kuasai.

Contoh:
Senin belajar kunci C, selasa belajar kunci F, Rabu kunci G, dst. Trus pada hari ke7(minggu) saya akan coba memainkan ke6 kunci yang sudah saya pelajari sebelumnya dan lihat sejauh mana saya bisa mengingatnya.Chord dasar gitar tersebut adalah yang dasar dan paling sering digunakan pada band band pop Indonesia maupun luar negeri. Jadi dengan menguasai kunci tersebut nantinya anda bisa dengan mudah untuk mengiringi lagu. Sebenarnya ada puluhan bahkan ratusan chord, tapi itu tidak terlalu penting untuk tahap ini. Hapal saja yang ke6 itu baru kita bisa melangkah ke level selanjutnyadi kemudian hari.

Mengiringi Lagu dengan chord

Bermain Gitar

Pada tahap selanjutnya setelah Anda hafal beberapa chord penting diatas. Kita bisa segera belajar mengiringi lagu dengan kunci gitar tersebut. Untuk mengetahui chord apa yang digunakan, teman-teman bisa liat di www.markasmp3.com , dan majalah gitar. Ketika belajar dulu saya punya banyak koleksi kunci gitar beserta lagu-lagu, namun sekarang lebih mending cari di internet karena sumbernya banyak dan gratis. hehehe.. Terserah lagu apa, bisa itu lagu Indonesia, Barat, Korea, apapun yang penting kesukaan anda.
bermain gitar.

Tahap yang agak menantang disini adalah menggabungkan strumming(meng-genjreng) gitar dengan tepat sesuai pergantian chord lagu. Biasanya waktu masih awal, kita akan sedikit kaku dan canggung berganti chord dengan cepat. Itu wajar, karena memang koordinasi tangan kita belum sepenuhnya terbentuk. Lama-kelamaan pasti bisa kok.

Teman-teman bisa coba memainkan lagu dengan tempo lambat dulu, seperti lagu peterpan (mimpi yang sempurna, semua tentang kita) atau lagu tradisional indonesia seperti gundul pacul, gelang sipatu gelang. Kuncinya biasanya seputar: C, F, G, Am, Em, Dm

Coba memainkannya dengan sangat lambat terlebih dahulu, jangan terburu-buru agar kita dapat feel nya. Karena yang paling penting adalah melakukan strumming dan pergantian chord yang tepat. Kecepatan akan terbangun sendirinya seiring semakin sering anda bermain gitar.

Ketika menekan fret gitar, usahakan pakai ujung jari kita jangan pakai kuku. Karena suaranya jauh lebih bagus kalau kita pakai ujung jari kita. Kalau perlu gunting saja kukunya, biar proses belajar gitarnya lebih lancar Lakukan teknik ini dalam 2 minggu pertama, maka hasilnya akan terlihat.

Latihan gitar yang teratur

Latihan Gitar

Namanya mempelajari sesuatu kita butuh pengorbanan dan ketekunan. Sama waktu belajar jalan dulu, kita harus jatuh bangun dan terus mencoba. Sama prisipnya dengan gitar, kita sebaiknya meluangkan 1 atau 2 jam perhari untuk belajar gitar. Tidak perlu terlalu banyak porsi latihannya, yang penting konsisten. Untuk belajar gitar memang dibutuhkan koordinasi yang tepat agar bisa menghasilkan musik yang enak didengar. Dan untuk mendapatkan kemampuan tersebut kita butuh latihan yang teratur.

Biasanya saya dulu sering belajar setelah pulang les sore, sekitar jam 5-7 sore saya luangkan waktu untuk main gitar. Kadang untuk membuat suasana lebih enak saya ajak paman saya untuk melihat cara bermain saya apakah sudah bagus atau belum. Malahan kadang kita lebih cepat belajar kalau ada partner/mentor yang bisa secara personal mengajari kita. Karena kita bisa mengetahui kelemahan kita dengan cepat dan memperbaikinya. Saya juga biasanya pasang target untuk bisa memainkan satu lagu tertentu tiap minggu, jadi seperti ada rasa tantangan gitu. hehehe.

Kalau teman-teman bisa mempraktekkan metode diatas mudah-mudahan kawan-kawan semua bisa dengan cepat bermain gitar walaupun sekarang masih pemula sekalipun. Kuncinya memang niat dan konsisten latihan. Lihat saja para pemain gitar dan musisi profesional, mereka menghabiskan berpuluh jam tiap minggu untuk latihan menguasai gitar saja dan akhirnya mereka jago semua. alah bisa karena biasa.

Partner/Mentor

Main Gitar

Partner/Mentor sangat di perlukan untuk mengukur sejauh mana tingkat permainan kita. gak perlu bayar guru les atau Guru Privat. kita cukup sharing perkembangan bermain gitar kita kepada teman kita yang sudah bisa bemain gitar. dan tentu saja meeka akan memperbaiki dan membimbing kita untuk bermain gitar yg lebih baik sesuai kemampuan mereka.

Dan mereka juga akan membantu kita menyetel senar gitar sebelum kita memainkanya. Karena Menyetem atau menyetel gitar bukan hal yang mudah bagi pemula, sebab anda juga harus teliti untuk mendengar tiap nada dari tiap senar pada gitar anda. Jika anda tidak punya  Partner/Mentor yang bia bermain gitar, ada baiknya jika anda menyesuaikan dengan nada dari piano atau bisa juga menggunakan Tuner yang bisa dibeli di toko musik.

 

http://www.markasmp3.com/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s